7 Mar 2012

Ice Cream Zangrandi

Selamat pagi teman blogger, seperti biasa di pagi yang nyaman untuk tidur ini saya kembali posting mengenai sesuatu yang dingin tapi nikmat.heeeehm apakah itu..?? Ya es krim atau ice cream, dan ice cream yang saya tulis ini bukan sembarangan namun memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, apakah namanya..Ya Ice Cream Zangrandi yang terletak di Jl. Yos Sudarso epatnya disebelah Hotel Garden dan di depan Gedung DPRD Surabaya (eks Bioskop Mitra)

Apa saja yang bernilai tinggi dan juga bernilai kenikmatan serta kelezatan di ice cream yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda ini...mari kita nikmati bersama sama...
Es krim ini didirikan sejak tahun 1930 oleh warga negara keturunan Italia bernama Renato Zangrandi. Nasib baik membuat bisnis Zangrandi tahun itu nggak diobok-obok Belanda, padahal saat itu Belanda masih banyak bercokol di Surabaya. Yang menyebabkan Zangrandi eksis, karena ternyata saat itu noni-noni Belanda ketagihan menyeruput es krim, dimana es krim yang dijadikan bersasal dari olahan tangan alias hand made, bukan buatan mesin.

Rupanya olahan tangan yang dibuat di kedai Zangrandi ini sesuai dengan lidah orang-orang Belanda. Walhasil, selama mereka bercokol di Surabaya, kedai ini tetap eksis.

Ketika zaman peralihan, orang-orang Belanda kerap melakukan meeting dengan pribumi di kedai ini. Sambil makan es krim, mereka ngomongin politik. Lucu juga ya? Politik dan es krim. Eh, rupanya lidah pribumi juga suka dengan es krim Zangrandi ini. Nggak heran sampai sekarang, meski sudah 80 tahun, kedai es krim Zangrandi tetap eksis.

Ice Cream Zangrandi diambil + th 1920
Ice Cream Zangrandi kini, yang berubah hanya latar belakangnya yaitu Hotel Garden
Soal jenis es, ada bermacam-macam. Ada Chocolate Twinkle, Noodle Ice Cream, Soda Ice Cream, Avocado Fudge, Tropicana Fruit, Crispy basket, Zangrandi Pie, Horn, Macedonia, Royale Peach, Banana Split. Ada pula es krim dalam bentuk slices yaitu Tutti Frutti, Satay Ice Cream, Surabaya Moon, Pudding Ice Cream. Namun yang paling laris salah satunya Macedonia. Namanya berbau-bau Italia ya? Haha...yaiyalah kan dulu yang punya orang Italia. Oh iya, Macedonia ini punya banyak pilihan. Anda boleh pilih rasanya, misalnya rasa Kopyor, Raspberry, Strawberry, atau Vanilla. Kalo saya sukanya Vanilla plus Kopyor ditambah sedikit rhum. Muantabs!

So bagi teman blogger yang ingin menikmati kesegaran dan kenikmatan Ice Cream Zangrandi sekaligus ber memorabilia (minjem istilahnya Suara SurabayaFM) serta membayangkan jaman kolonial dulu maka Zangrandi adalah tempat yang tepat karena sampai saat ini masih terjaga keasliannya.

Diolah dari blog Bang Brilianto, makasih ya Bang...

4 komentar:

  1. asyeeekkk bangunannya hanya berubah sedikit, jadi ngiler pengen coba.....................
    http://belajardanmencoba.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. boleh tuh nyoba es cream yang dingin khas malang

    BalasHapus
  3. @bro Said-yupee rasa ice cream handmadenya huuhmmm nikmat bro...
    @onteknologi-hahahaha mang ada ice cream anget bro..:)

    BalasHapus
  4. gambar yang pertama seniri itu bener apa enggak tahunnya? kan zangrandi berdiri tahun 1930. itu kok kurang lebih tahun 1920?

    tapi makasih banget infonya ini :)

    BalasHapus