27 Feb 2012

Soeroboyo Dulu & Kini - Hotel Oranje/Yamato/Mojopahit

Hotel Majapahit adalah sebuah gedung bersejarah di Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Dahulunya bernama LMS, lalu Hotel Oranje dan kemudian Hotel Yamato dan juga Hotel Hoteru. Sekarang Hotel Majapahit yang dibangun pada tahun 1910 oleh Sarkies Bersaudara dari Armenia tersebut sudah berubah menjadi hotel bintang lima dengan total 143 kamar di lantai satu dan dua.
Salah satu momen perjuangan di hotel ini terjadi pada 19 September 1945, yakni Insiden Bendera. Peristiwa bermula ketika sekelompok orang Belanda yang dipimpin Mr. Pluegman mengibarkan bendera Merah Putih Biru di puncak sebelah kanan hotel. Para pejuang Indonesia melakukan perobekan warna biru pada bendera Belanda, yang berwarna merah, putih dan biru, dengan demikian bendera itu menjadi merah putih yaitu bendera Republik Indonesia. Insiden bendera itu juga mengakibatkan terbunuhnya Mr. Pluegman.
 
Bagaimanakah keadaan Hotel Oranje atau Hotel Yamato tempo doeloe atau Hotel Mojopahit di masa kini, mari kkita lihat perbedaannya

Foto diatas diambil pada th 1911 dimana keadaan lalu lintas Surabaya waktu itu masih lengang

Foto diambil pada th 2010 dimana keadaan lalu lintas Surabaya sudah padat dengan status kota Metropolis
Bagaimanapun juga Hotel Mojopahit ini adalah city heritage atau warisan kota yang sangat bersejarah jadi kita sebagai warga kota Soeroboyo wajib untuk melestarikannya
Dan ada info untuk para wisatawan yang ingin menyaksikan keheroikan Arek - Arek Soeroboyo, bisa melihatnya pada setiap peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November.

Ulasan mengenai Hotel Oranje/Yamato/Mojopahit saya ambil di wikipedia

2 komentar:

  1. Bro, ganti aja widget buku tamunya dengan CBOX, hehe, soalnya yg punya bro skrg tak ada tempat isian kolom buat alamat website, hanya email saja. hehe.

    http://cbox.ws/

    BalasHapus
  2. Dear Mr.SS
    Buku tamu sudah diganti dgn CBox yang lebih familiar :), monggo silakan nge-post ya, suwun

    BalasHapus